4 Langkah Tepat Dalam Merencanakan Carport

loading...

AyoDesainRumah.com – Carport adalah tempat untuk menyimpan kendaraan yang letaknya biasanya berada didepan rumah, atau disamping rumah tinggal kita, carport menjadi bagian dari tampak depan rumah atau fasad dan menjadi juga bagian estetika dari rumah tinggal dari arah depan, maka dari itu dalam merancang sebuah carport alangkah baiknya kita mempertimbangkan hal-hal tepat yang harus di lakukan terlebih dahulu supaya perencanaan akhirnya benar-benar matang dan berguna, berikut tips 4 langkah tepatnya :

ilustrasi-carport-sumber-design-milk-com

1. Yang pertama kita harus mengetahui benar-benar Fungsi utama dari sebuah carport, fungsinya adalah sebagai tempat parkir dan tempat pelindung kendaraan agar terhindar masalah cuaca yang ekstrem maupun faktor lain yaitu ulah manusia akibat ruang gerak tidak sesuai dan itulah yang menjadi point utama yang harus dipenuhi, sebelum mempertimbangkan hal lain seperti finishing dan jenis material yang digunakan untuk pembuatanya.

2. Yang kedua setelah kita mengetahui fungsinya kita berlanjut harus mengetahui standar ukuran kendaraan yang akan digunakan, agar carport dapat berfungsi dengan optimal. Standar ukuran ini digunakan untuk menentukan besaran luasan yang akan digunaka sehingga kenyamanan pengguna dalam memarkirkan kendaraan tidak menyulitkan dan ketika ada orang bisa lewat dengan leluasa melintasinya karena  ruang geraknya sudah terpenuhi.

3. Yang Ketiga selain hal diatas juga kita harus tepat dalam mempertimbangkan letak posisi carport didalam site hunian kita, apakah harus dibangun poisinya disebelah kiri maupun kanan? faktor tersebut dipengaruhi karena kondisi sekitar site terutama dibagian depan site ada yang mengganggu rencana sirkulasi kendaraan untuk masuk kedalam site, biasanya seperti adanya tiang listrik, tiang telepon, dan selokan. semuanya harus diputuskan dengan tepat posisi ternyaman untuk sirkulasi kendaraan.

4. Yang keempat, terakhir kita baru bisa menentukan jenis material bahan yang akan digunakan untuk membangun carport, pemilihan bahan ditentukan berdasarkan tema dan konsep hunianya, karena carport adalah bagian dari fasad bangunan. apakah menggunakan besi stainless steel, beton, kayu maupun material lain untuk tiangya , sampai pilihan untuk penutup atapnya seperti, polycarbonate, shade sail, kaca,vinyl, acrylic dan lain-lain.

ilustrasi-carport-2-sumber-www-kanopipremium-com

Demikian 4 langkah tepat dalam merencanakan sebuah carport dengan mengutamakan fungsinya terlebih dahulu semoga bisa membantu teman-teman yang sedang merencanakan sebuah carport.

 

Sumber Gambar;

Gambar 1 ; (Sumber ; design-milk.com), Gambar 2 ; (Sumber ; www.kanopipremium.com)

loading...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *