11 Desain Dapur Kering dan Basah yang Cantik

loading...

AyoDesainRumah.com – Berbicara tentang dapur, dapur menjadi bagian yang sangat penting yang tak bisa dipisahkan dalam sebuah hunian atau rumah tinggal.seperti yang kita ketahui bersama bahwa fungsi dapur adalah menjadi tempat untuk menyimpan, menyiapkan dan mengolah masasakan untuk disajikan disantap dan menunjang aktifitas kita sehari-hari.

Selain fungsi diatas, semakin detail fungsi sebuah dapur menjadi sebuah tambahan nilai tersendiri, seperti memisahkan pekerjaan ringan dan berat didalam dapur. jelas dengan cara itu membuatnya semakin cantik dan rapih dari segi estetis, salah satunya adalah dengan cara membuat atau menyediakan area kering dan basah, atau yang sering kita kenal dengan sebutan dapur kering dan dapur basah.

Pengertian Dapur kering adalah area pada dapur yang tidak digunakan untuk kegiatan memasak berat, artinya disini hanya digunakan untuk membuat masakan yang simple atau sederhana, seperti misalnya membuat mie instant, atau goreng telur saja dan tidak terlalu banyak memakai peralatan memasak dan khusus ketika memasak.

Sedangkan untuk dapur basah justru kebalikan dari dapur kering, dapur ini sepenuhnya digunakan aktivitas memasak lengkap dan aktifitas lain seperti mencuci karena biasanya area ini disediakan zink untuk mempermudah aktivitas memasak dan ketika diarea ini kita lebih membutuhkan banyak tenaga.

Berikut beberapa referensi dapur basah dan kering yang sedang trend ;

1-dapur-kering-basah-poshouse-ru

2-dapur-kering-basah-poshouse-ru

3-dapur-kering-basah-poshouse-ru

Penempatan dapur kering dan basah biasanya ditempatkan didalam satu ruang yang sama, hal ini tentunya untuk mempermudah aktivitas memasak baik memasak berat maupun ringan, sehinga tidak perlu berpindah-pindah tempat ketika melakukan aktivitas memasak ringan maupun berat.

4-dapur-kering-basah-poshouse-ru

5-dapur-kering-basah-poshouse-ru

Untuk penggunaan material yang dipakai pada dapur basah dan kering biasanya sama, tidak terlalu berbeda, sekarang ini banyak para desainer interior modern mendesain kedua dapur ini banyak menggunakan marmer asli ataupun buatan (marmoleum) untuk top tablenya, karena mereka beralasan dengan bahan ini membuatnya semakin cantik karena tidak ada neut yang terlihat, bahan yang mudah dibersihkan karena tidak mempunyai pori-pori juga tahan terhadap api ketika memasak, walaupun sebenarnya ada alternative yang lebih murah seperti dengan menggunakan keramik tapi terlihat kurang rapi karena banyak sekali neut yang terlihat.

6-dapur-kering-basah-poshouse-ru

7-dapur-kering-basah-flicker-com

Untuk pemilihan warna pada kedua area dapur ini sebenarnya boleh menggunakan warna favorite, asalkan warna favorit teman-teman ini adalah warna-warna terang tentunya hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk mempermudah dan membuat nyaman ketika memasak dan membersihakan bagian-bagian yang kotor karena dengan jelas terlihat. semoga bermanfaat teman-teman, Salam Desain!

 

Sumber Gambar ;

Gambar 1 – 6 ; (poshouse.ru), gambar 7 ; (flicker.com)

loading...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *