Cara Tepat Memilih Jenis Wastafel Kamar Mandi

loading...

AyoDesainRumah.com –  Banyak orang yang mengatakan bahwa Kamar mandi dianggap sebagai salah satu ruang yang tersibuk di dalam rumah atau hunian lainya, karena intensitas penggunaanya digunakan oleh seluruh anggota keluarga, dan kamar mandi adalah salah satu ruang yang kita masuki ketika memulai hari dan mengakhiri hari. Intensitas penggunaan kamar mandi yang tinggi juga berlaku  untuk kamar mandi pribadi, maka dari itu kamar mandi yang kita miliki harus benar-benar dirancang dengan baik untuk memastikal penggunaanya dilakukan dengan mudah, nyaman, tidak menyulitkan ruang gerak, dan terpenuhinya segela kebutuhan pengguna ketika menggunakanya.

Salah satu item terpenting dari sebuah kamar mandi adalah adanya sebuah wastafel, wastafel dianggap hal wajib diterapkan untuk desain kamar mandi masa kini, rasanya tak lengkap bila kita mendesain kamar mandi namun tidak ada wastafelnya. Wastafel kamar mandi saat ini sangat beragam bentuk dan bahan materialnya, kita bisa tentukan modelnya berdasarkan desain yang kita inginkan yang selaras dengan kamar mandi, oleh karena itu kita harus benar-benar memilih model yang pas dan sesuai dengan ruang dan jenis pemakaianya.

untuk itu jika anda kurang paham jenis-jenis wastafel , berikut kami sajikan artikel tentang cara tepat memilih jenis wastafel kamar mandi sesuai desain dan fungsi yang kita butuhkan:

1. Wastafel Pedestal

Wastafel Jenis ini sangat membantu bagi para pemilik kamar mandi dan desainer yang memiliki luasan yang terbatas, karena wastafel pedestal biasanya antara mangkuk dan kaki penyangga menyatu sehingga tidak membutuhkan banyak space terlihat ramping dan bentuknya bermacam-macam sesuai yang kita inginkan, dan bentuk rampingnya membuat kamar mandi yang kita miliki terkesan lebih besar.

ilustrasi-wastafel-pedestal-sumber-www-sandimasshowroom-com
Ilustrasi Wastafel Pedestal

Kelebihan : Bagi yang menyukai seni wastafel jadi pilihan terbaik karena bentuknya yang sangat estetis dan enak dipandang mata.

Kekurangan :  Wastafel pedestal tidak mempunyai area ruang penyimanpanan dibawahnya sehingga membingunkan bagi kita yang mempunyai peralatan kamar mandi yang banyak, dan harus menyediakan tempat lain untuk menempatkan barang-barang tersebut.

2. Wastafel Top-Mount

Wastafel Top-Mount adalah jenis wastafel yang didesain untuk duduk diatas meja, hanya menempel diatasnya saja, dan untuk bentuk sangat bervariasi sekali mulai dari yang langsing maupun sedikit besar tergantung dari desain yang kita inginkan.

ilustrasi-wastafel-top-mount-sumber-gordonjohnson-com-au
Ilustrasi Wastafel Top-mount

Kelebihan : Mudah dalam pemasanganya dan cocok untuk segala jenis bahan meja

Kekurangan : Air mudah tumpah ke bagian atas meja karena posisinya tepat berada diatas meja.

3. Wastafel Vessel

Wastafel Vessel adalah jenis wastafel kontemporer dengan model keran air terjun, wastafel jenis ini merupakan jenis transformasi wastafel top-mount yang amat mudah pemasanganya.

ilustrasi-wastafel-vessel-sumber-skonahem-com
Ilustrasi Wastafel Vessel

Kelebihan : Wastafel Vessel sangat eye catching sekali sangat menarik perhatian pengguna apabila ditempat sebuah kamar mandi dan dapat menampung jumlah volume air yang banyak

Kekurangan : harus memperhatikan dengan benar posisi keran terhadap posisi wastafel karena pemasangan yang tepisah, dan amat sulit membersihkan area wastafel yang kotor terkena cipratan air yang berada dibelakang wastafel.

4. Wastafel Washplane

Wastafel Washplane sering kita lihat disebuah kamar mandi hotel atau kamar mandi restaurant karena bentuknya yang tipis, ramping dan penuh gaya yang modern, hanya ada palung kecil yang menampung dibagian bawah wastafel untuk menampung dan menangkap air.

ilustrasi-wastafel-washplane-sumber-devans-cosmos-blogspot-co-id
Ilustrasi Wastafel Washplane

Kelebihan : cocok digunakan pada kamar mandi yang mempunyai luasan yang terbatas dan tersedia variasi bahan yang digunakan seperti keramik, porselin atau bahkan kaca.

Kekurangan : Bentuk palung kecilnya yang sangat dangkal sehingga daya tamping air menjadi sedikit, dan biasanya wastafel jenis ini hanya digunakan untuk wastafel cuci tangan saja.

Sumber Gambar ;

gambar 1 ; (Sumber ; www.sandimasshowroom.com), gambar 2 ; (Sumber ; gordonjohnson.com.au ), gambar 3 ; (Sumber ; skonahem.com), gambar 4 ; (Sumber ; devans-cosmos.blogspot.co.id)

loading...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *