Mudahnya Mengurus IMB Online di Jakarta

loading...

AyoDesainRumah.com –  Didunia ini perkembangan pola pendukung aktivitas kehidupan semakin cepat kearah lebih maju berkat kemajuan teknologi, hampir setiap kegiatan kita selalu didampingi teknologi untuk membatu atau mencari informasi apa yang kita butuhkan. Tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi ternyata kemajuan teknologi juga dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah DKI Jakarta untuk mempermudah pelayanannya.

imb-sumber-freepick
Ilustrasi Gambar IMB

Salah satu yang paling menonjol yang membedakan system pelayanan Pemerintah DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah lainya di Indonesia adalah sistem pelayan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan), Bagi Masyarakat Jakarta ini menjadi berita yang sangat baik karena selain cepat dan mudah dalam pengurusanya namun juga untuk memangkas proses birokasi dan percaloan, yang selama ini ada sehingga bisa biaya pengurusanya menjadi lebih murah.

Dengan sistem IMB online yang direncanakan akan terintegrasi atau terhubung dengan sistem instansi lain, seperti prosesnya akan terhubung langsung dengan Dinas dan Suku DInas PBB hingga tingkat yang rendah yaitu tingkat Kecamatan. Jadi, bagi para pemohon nantinya hanya membuat IMB Rumah Tinggal atau Non-Rumah Tinggal dengan mengikuti proses pengajuan dengan sistem IMB Online ini.

Bagi anda warga DKI yang baru mengenal IMB online ini dan mengurusnya tidak salahnya, untuk menyimak terlebih dahulu untuk mengikuti panduannya berikut ini. Bagi warga DKI Jakarta yang telah menerapkanya terlebih dahulu. Cara pengajuan detailnya bisa anda lihat detailnya melalui web atau situs resminya langsung : http://dppb.jakarta.go.id/.

Berikut Langkah-langkah Pengajuanya :

Data-data anda yang harus dilengkapi

– Softcopy KTP

– Softcopy NPWP

– Softcopy Surat Bukti Kepemilikan Tanah

– Softcopy Surat Pernyataan di atas materai bahwa tanah tidak dalam keadaan sengketa

– Softcopy SIPPT (Untuk Luas Lahan >500 meter Persegi)

– Softcopy Ketetapan Rencana Kota (KRK)

– Softcopy Gambar Rencana Arsitektur Rancangan Bangunan (Dalam Format CAD)

– Softcopy Perencanaan Struktur Bangunan Gedung (Jika diperulakan)

– Softcopy Gambar Rencana dan Perhitungan Mekanikal ELektrikal Bangunan Gedung (Jika diperlukan)

– Softcopy IPTB Penanggungjawab perencana Arsitektur, Struktur, dan Mekanikal Elektrkal bagi yang dipersyaratkan

– Alamat Email Pemohon

– Untuk Permohonan IMB tambahan harus melampirkan Gambar IMB yang sebelumnya

Itulah point yang harus siapkan untuk melengkapi proses pembuatan IMB Online, jika semuanya sudah siap anda bisa memulainya langsung melalui situs yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di http://dppb.jakarta.go.id/.

Registrasi dan Pengajuan Permohonan IMB Online,

Untuk bisa masuk ke sistem informasi Penyelenggaraan Bangunan Gedung, anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email aktif untuk memperoleh account dan beserta Password untuk Login ke menu sistem informasi tersebut. Jika anda masih merasa bingung masih bisa melihat informasi tambahan untuk tatacara pendaftaran melalui panduan pengajuan IMB Online yang telah disediakan di web tersebut dengan format IMB.

Sesudah mengisi semua formulir permohonan secara online, jangan lupa untuk mengunggah semua persyaratan data-data pengajuan IMB yang sudah disiapkan sebelumnya. setelah itu lakukan pengecekan kembali data-data yang telah diunggah dan pastikan dengan yakin semuanya sudah sesuai apa yang disyaratkan sebelum anda klik “submit”.

Selanjutnya bagi anda yang sudah melakukan submit, anda akan mendapatkan pemberitahuan pada setiap tahapan proses melalui email anda yang sudah didaftarkan seblumnya. untuk SK-IMB beserta lampiran gambar IMB yang bisa dicetak dan mendapatkan legalisir lewat loket pelayanan IMB terdekat ditempat tinggal anda. Demikian langkah-langkap Pengajuan IMB Online Semoga bisa membantu.

 

Sumber Gambar ;

gambar 1 ; (www.freepik.com)

loading...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *