The Tower kalahkan Ketinggian Burj Khalifa Setelah Tes Angin

loading...

AyoDesainRumah.com – Bagi  Siapapun yang sudah pernah berdiri atau menginjakan kakinya di atas sebuah gedung pencakar langit, baik di Empire State Building – New York, Amerika maupun Burj Khalifa di Dubai, bisa merasakan dan membuktikan kekuatan alam ketika kita berdiri disana. baik itu kekuatan yang berasal dari gaya vertical, maupun horizontal, salah satunya adalah kekuatan anginya, jadi memang perlu sebuah perhitungan yang sangat komplek bukan hanya sekedar sebuah estetika semata.

the-tower-at-dubai-creek-harbour-sumber-www-thenational-ae
The Tower at Dubai Creek Harbour

Berangkat dari pemikiran tersebut Emaar Properties, telah mengonfirmasinya telah ada bangunan yang akan mengalahkan Burj Khalifa yaitu The Tower di Dubai Creek Harbour, lebih tinggi 100 meter setelah menyelesaikan mereka melakukan tes angin untuk desain gedung tersebut.

Dalam ilmu bangunan tinggi tes angin merupakan tes yang sangat penting untuk menentukan ketinggian dan desain akhir sebuah bangunan ketika akan dibangun, seperti yang disampaikan oleh arsitek proyek tersebut yaitu Santiago Calatrava “Tes angin merupakan komponen penting dalam tahap desain structural, dan kami telah mengerahkan teknik rekayasa yang inovatif untuk mengkonfirmasi kekuatan ikon baru ini “

Tes untuk bangunan The Tower bertujuan untukan memastikan semua masalah dalam hal pembangunan dan operasi dapat teratasi. Dengan melibatkan 12 anlisis dan dengan beberapa metode pengujian. Mereka menguji dengan menggunakan model sekala, menguji secara bertahap sesuai dengan ketinggian, dan menguji berdasarkan data dari stasiun cuaca, juga pengujian dari kondisi tanah setempat.

Semua pengetesan dilakukan untuk menjamin keamanan yang maksimum dan stabilitas bangunan, juga dengan desain bangunan yang mencakup beberapa sistem pengaman lainya seperti sistem peredam dan sistem pereda kejut beberapa titik diketinggian yang berbeda sesuai dengan apa yang disampaikan Emaar Properties.

Emaar Properties juga menyampaikan bahwa Komplek The Tower dibangun diatas tanah dengan induk komplek seluas 6 Kilometer persegi, dan memiliki luasan 679 juta meterpersegi untuk hunian, 851.000 meter persegi untuk komersial, 22 hotel dengan 4.400 kamar dan 11.1 juta meter persegi untuk ritel, menara tersebut juga nantinya akan manampilkan taman dek observari VIP dan Balkon berputar. Untuk ukuran mega proyek tersebut Emaar Properties berharap agar the tower menjadi sebuah tumpuan yang positif untuk kota dan daerah.

 

Sumber : kompas.com, www.thenational.ae

Sumber Foto : www.thenational.ae

loading...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *