Tips dan Trik Mencegah Baja Ringan Karatan

AyoDesainRumah.com – Saat ini banyak pelaksana ataupun kontraktor terutama di daerah perkotaan mulai mengganti struktur penutup atap mereka atau kuda-kuda dan kaso kayu digantikan dengan baja ringan dengan mempertimbangkan ketersedian barang yang melimpah dan harga yang kompetitif.

rangka-baja-ringan

Dari segi kekuatan memang baja ringan bisa diadu dengan kayu, namun baja ringan tetap memliki kelemahan salah satunya adalah masalah karatan. Meski sudah dilapisi dengan zat anti-karat, bukan berarti baja ringan ini bisa langsung terbebas dari korosi atau pengaratan yang disebabkan banyak faktor. oleh sebab itu setidaknya ada empat hal yang harus kita hindari penyebab karat pada baja ringan, apa saja mari kita simak bersama.

1. Hindari goresan alat kerja berlebih

Banyak faktor yang dapat menyebabkan korosi atau karatan salah satunya adalah tergores alat kerja, Ketika terjadi goresan pada baja ringan, maka secara otomasitis permukaan baja yang tergores tidak lagi terlindung dari zat anti karat, dan goersan tersebut akan berhubungan langsung dengan oksigen.

pada proses oksidasi itulah, antara oksigen dengan zat kimia baja yang kemudian dapat menimbulkan karatan atau korosi. Maka dari itu ketika terjadi goresan atau penyebab lain seperti salah potong dan bekas sambungan alangkah baiknya untuk secapat mungkin melakukan pelapisan ulang menggunakan zat anti karat.

dan untuk melakukan pencegahan lebih lanjut, baiknya kurangi kesalahan se-minimal mungkin dalam pemasangan baja ringan agar tidak menimbulakan banyak goresan-goresan di permukaan baja ringan.

2. Hindari Cairan Asam

pada bagiang kedua yang perlu dihindari adalah Cairan atau larutan yang bersifat asam, karena sangatlah reaktif ketika bersinggungan atau kontak langsung dengan permukaan baja ringan

Jika hal itu terjadi maka lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan dengan seketika mampu menimbulkan karat pada permukaan

Pada umumnya larutan yang mengandung unsur asam ada pada produk-produk pembersih, salah satunya pembersih lantai ataupun keramik. Oleh sebab itu, singkirkanlah jauh-jauh larutan tersebut agar tidak berdekatanan secara langsung.

3. Hindari Hujan dan Panas

Baja ringan bukanlah material untuk penggunaan eksterior dan tidak diciptakan untuk tahan terhadap terpaan hujan maupun panas secara langsung dan bersifat massif. Terpaan dari cuaca apalagi iklim di dindonesia yang kerap tak menentu cepat ataupun lambat dapat mengurangi daya tahan lapisan antikarat pada permukaan baja ringan

akibatnya adalah proses korosi yang lebih cepat terjadi. sebagai upaya kita untuk melakukan sebuah pencegahan, alangkah baiknya penyimpandan dan sebelum pemasangan baja ringan ditempakan ditempat diruang yang tertutup dan terhindar dari sinar atau panas matahari secara langsung, dan hindari untuk melakukan pemasangannya saat musim hujan ataupun saat hujan berlangsung.

4. Hindari Air Semen

Yang terakhir adalah, hindari sebisa mungkin baja ringan kontak langsung dengan adonan semen secara langsung. karena menempelnya air semen pada permukaan baja ringan bisa menghasilkan sebuah reaksi kimia yang berpotensi dapat merusak lapisan antikarat pada baja ringan secara cepat terutama pada baja ringan dengan pelapis berjenis zinc atau galvanis.

Saat proses konstruksi berlangsung, hal yang harus dilakukan adalah melindungi permukaan baja dari proses pembetonan atau adukan semen secara langsung. selain itu juga hindari pengaplikasian adonan semen saat pemasangan genteng nok diatas rangka baja ringan secara langsung. gunakan lapisan kedap air sebagai pelindung dan pembatas untuk proses pemasangan nok tersebut.

Demikian tips dan trik mencegah baja ringan karatan, semoga artikel singkat ini bermanfaat.

 

Sumber ; Kompas.com

Sumber Gambar ;

gambar 1 ; (google.com)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *