Menyulap Limbah Plastik Menjadi Tas Cantik

loading...

AyoDesainRumah.com – Keberadaan sampah dari mulai sampah botol bekas minuman, plastik-plastik kemasan, hingga kardus bukan menjadi hal yang jarang dilihat dewasa ini. Keberadaan sampah-sampah tersebut terlebih sampah plastic kemasan saat ini sungguh menjadi masalah baru pada lingkungan. Bagaimana tidak menjadi masalah, limbah-limbah seperti limbah plastik kemasan jumlahnya tidak sedikit dan banyak orang yang belum masih belum tahu bagaimana menanganinya. Hinggaakhirnya kalau dibiarkan terus, tentu  ini akan menjadi masalah besar bagi lingkungan, mengingat benda-benda yang berbahan dasar plastik sulit untuk diuraikan, sehingga kalau dibiarkan terus ini akan menganggu kenyamanan dan kebersihan lingkungan bahkan bisa menjadi sumber penyakit. Sebelum itu terjadi mengapa kita tidak berusaha mencegahnya misalnya dengan memanfaatkan dengan membuatnya menjadi sebuah barang yang bermanfaat. Barang yang bermanfaatnya yaitu berupa tas cantik. Pasti kebanyakan akan berpikir memangnya bisa memanfaatkan limbah plastic kemasan yang tidak ada harganya menjadi barang bermanfaat seperti tas? Tentu sangat bisa jawabannya karena dalam artikel ini akan di share informasi mengenai pemanfaatan limbah plastic kemasan yang dapat disulap menjadi tas cantik dan bermanfaat serta pembuatannya.

1. 4 kemasan plastik 450 ml dengan corak dan warna yang senada (2 buah untuk sisi depan dan belakang, 2 buah lagi untuk sisi kiri dan kanan). 50cm bisban dengan ukuran lebar 3cm untuk tali tas.
2. 1m bisban dengan ukuran lebar 2cm.
3. 4cm perekat
4. 30cm renda katun sebagai pemanis.
5. Jarum (ukuran 16) dan benang jahit berwarna senada.
Cara membuat tas dari plastik bekas :
1. Bersihkan noda kemasan plastik dengan kertas tisu, kalau tidak bisa rendam dengan air hangat.
2. Gunting dua buah kemasan dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan potongan kedua kemasan plastik memiliki ukuran yang sama.
3. Gunting dua kemasan lain (untuk sisi kiri dan kanan) menjadi dua bagian lebarnya (7cm). Jahit bisban pada sisi lebar masing-masing kemasan yang sudah dipotong.
4. Pasang dan jahit perekat, dengan menggunakan mesin jahit, pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.
5. Pasang dan jahit bisban lebar 3cm pada bagian permukaan plastik (sisi depan dan belakang), sebagai tali tas.
6. Kemudian pasang dan jahit renda katun sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik. Lakukan langkah ini pada kemasan plastik untuk sisi depan dan belakang.
7. Sambungkan kedua kemasan plastik yang sudah dipotong berukuran 7cm (untuk sisi kiri dan kanan tas). Sehingga membentuk lembaran panjang.
8. Hubungkan dan sambung dengan jahitan mesin, bagian tadi (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang.
9. Lalu pasang bisban pada seluruh tepinya. Nah Jadilah sebuah tas mungil nan cantik, berbahan kemasan plastik. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan untuk tasyang berukuran lebih besar, lho. Tinggal ganti ukurann

19-tas-cantik
Tas cantik terbuat dari limbah plastik kemasan yang tidak terpakai

Bagaimana benar-benar menjadi tas cantik kan? sangat bermanfaat juga tentunya. Anda dapat mencobanya di rumah dengan limbah plastik kemasan apapun. Limbah kemasan kopi ataupun limbah plastic kemasan rumah tangga lainnya untuk membuat barang atau kerajinan tangan. Anda hanya perlu lebih kreatif serta telatensaja untuk dapat menhasilkan sesuatu yang menarik dan penuh manfaat. Selamat mencoba.
Sumber: larizo.com

loading...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *